CONTOH PUISI MAJAS


                      selamat malam semuanya kali ini blog berbagi kata akan memposting tentang PUISI MAJAS sebelum membahas lebih jauh lagi, apakah kalian tau apa itu yang dimaksud dengan majas dan apa sajakah jenisnya. ya majas atau gaya bahasa adalah pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis.Adapun jenisnya dapat di lihat sebagai berikut;
  1. majas perbandingan
  2. majs metafora
  3. majas personifikasi
     4.majas hiperbola
     5.majas repitisi

    sebenarnya masih ada beberapa jenis majas namun saya ambil yang umumnya saja.
nah sekarang jika kita sudah tau apa itu majas dan apa saja jenisnya, sekarang saya akan berikan sedikit bait puisinya; yang sesuai dengan majas di atas

# MAJAS PERBANDINGAN
Contoh:

Oh bangsa tercintaku..
Bangsa yang terombang - ambing oleh badai politik nasional yang tidak berujung
Membuat bangsaku ini laksana berada di ujung tanduk sebuah kehancuran
Bangsaku..tanah airku..bangsa yang kaya namun kurasakan betapa sulitnya mencari sebutir nasi di negeri sendiri ini..


# MAJAS METAFORA
Contoh:

Kami adalah anak kampung
Kami adalah anak dusun
Kami adalah anak yang tumbuh diantara suburnya rasa bergotong royong dan manisnya tutur sapa akrab antar orang kampung satu dan lainnya..

# MAJAS PERSONIFIKASI
Contoh:

Aku ingin mencintaimu seperti sendok yang mencintai garpu
Aku akan selalu setia kepadamu seperti sikat pasta gigi yang setia kepada sikat gigi.
Aku selalu berkorban untukmu seperti lilin yang mengorbankan dirinya meleleh demi menjaga supaya api tetap bisa menyala

# MAJAS HIPERBOLA
Contoh:

Walaupun mentari membakar kulitku, aku akan terus berjalan mencari cintamu
Meski tenggorokanku kering kerontang menahan dahaga, aku akan tetap brdiri dibawah teriknya mentari menantimu
Biar peluru menembus dadaku, akan kuperjuangkan detak jantungku untuk tetap berdetak sampai aku melihat wajahmu yang ayu.

# MAJAS REPETISI
Contoh:

Buku..
Buku ku hanya satu
Buku itu selalu ada padaku
Buku ang selalu aku rindu
Buku yang selalu menemaniku kapanpundan dimanapun aku berada
Bukuku yang satu itu kini telah hilang..siring dengan hilangnya semangat hidupku

                                 
                                    sekian info untuk kali ini semoga bermanfaat bagi semuanya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURAT CINTA PDKT

PUISI PENYESALAN TERBARU